"Berbagi Dan Beramar Ma'ruf"

Saturday 21 February 2015

Cara Sharing Data Tanpa Kabel dan Tanpa Wi-Fi

Cara Sharing Data Tanpa Kabel dan Tanpa Wi-Fi - Melihat dari judulnya saja artikel ini sudah aneh, sharing data tapi tidak memakai kabel ataupun jaringan Wi-Fi router. Jika kalian sedang mencari Cara Sharing Data Tanpa Kabel dan Tanpa Wi-Fi, mungkin artikel ini bisa membatu anda semua.

Apa Yang Perlu Disiapkan ? yang perlu anda siapkan adalah hanya cukup 2 laptop yang masih bisa bejalan dengan sempurna. dan yang pastinya masih bisa di Connect kan kedalam wifi.

Bagaimana Cara Untuk Memulainya ? setelah ini akan saya bahas mengenai Cara Sharing Data Tanpa Kabel dan Tanpa Wi-Fi Terbaru.
sebelumnya artikel ini saya khususkan untuk para mahasiswa yang sedang mengalami kesulitan dalam tugas yang di berikan oleh Dosen kepada para mahasiswanya.

Dalam artikel ini saya menggunakan Sistem Operasi Windows 7.
siapkan 2 laptop yang sudah menyala, dalam memudahkan anda dalam praktek, laptop 1 saya beri nama Paijo, dan yang laptop 2 saya beri nama Painem.
kita fokus dulu kepada laptop Paijo, klik icon wifi yang terletak di kanan bawah pada layar.

Sharing Data

maka akan muncul tampilan sperti di bawah ini


Sharing Data

setelah itu klik Open Network and Sharing Center,tampilan seperti gambar di atas, kemudian klik Set up a new connection and network.
maka akan muncul tampilan seperti ini :

Sharing Data

lalu pilih Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network, kemudian klik next.
kemudian akan muncul dialog / tampilan baru lagi maka pilih next kembali.

Sharing Data
setelah itu akan muncul tampilan baru laagi, kira-kira seperti ini :

Sharing Data

kemudian masukan nama jaringan yang anda inginkan di kolom "Network name", contoh  Unit 1, lalu masukan juga password yang anda inginkan di kolom "Security key, centang "Save this network" lalu klik next.

selanjutnya akan muncul konfigurasi baru lagi, maka klik close saja.

laptop paijo sudah berhasil kita setting, maka selanjutnya kita beralih ke laptop Painem.
di laptop painem ini kita tidak perlu mengkonfigurasi di laptop paijo tadi, kita hanya memasukan ip address saja, adapun caranya silahkan di simak.

pertama klik icon wifi, sama seperti di laptop paijo tadi, kemudian konekan dengan jaringan yang sudah kita buat di laptop paijo tadi, contoh nama jaringannya tadi "Unit 1" maka konekanlah ke jaringan "Unit 1", setelah terconnect klik kanan pada jaringan tersebut kemudian pilih status, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

Sharing Data
Klik Propertis, maka akan muncul dialog baru seperti ini 

Sharing Data
selanjutnya klik  "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)" lalu klik Propertis, kemudian akan muncul dialog lagi seperti ini

Sharing Data
klik "Use the following IP address" selanjutnya masukan IP nya seperti gambar di atas, kemudian tekaan tombol "Tab" pada keyboard anda, agar "Subnet mask" nya terisi, jika sudah klik Ok.

Selanjutnya tutup atau klik Closed pada dialog yang ada, kemudian klik Start dan ketikan "cmd" lalu enter, maka kotak perintah cmd akan muncul seperti ini :

Sharing Data
lalu ketikan "ping <spasi> 192.168.1.56" lalu enter, atau sesuai dengan IP yang anda buat, jika berhasil maka akan mucul seperti ini :

Sharing Data
bagaimana mudah bukan ?? 
demikianlah artikel mengenai Cara Sharing Data Tanpa Kabel dan Tanpa Wi-Fi, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat
Jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar.



2 comments:
Write comments
  1. sebenarnya ini cara udah di ajarin waktu jaman kelas 3 smp, dan memang penyampain guru itu lebih rumit, njelimet, atau apalah itu.. tapi Alhamdulillahjazakaullahuqhoirroh udah kasih yang lebih simplenya... (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..
      Mudah mudahan bisa betah di blog saya

      Delete

Berkomentarlah dengan sopan dan ramah, jika komentar anda termasuk kategori Spam maka akan langsung kami hapus..

Silahkan Copas Artikel di Blog ini akan tetapi sertakan Link sumber nya..
Terima Kasih

Hey, follow us on twitter. https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter